Google+ 9 Cara Menghilangkan JERAWAT BATU Secara Alami dan Cepat | Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Cepat

ads

9 Cara Menghilangkan JERAWAT BATU Secara Alami dan Cepat

By
Cara Menghilangkan Jerawat Batu Secara Alami dan Cepat. Jerawat batu adalah kondisi kulit di mana pori-pori kulit tersumbat, yang menyebabkan infeksi dan dalam beberapa kasus disertai timbulnya peradangan. Jerawat batu sudah umum dialami di kalangan remaja, ini disebabkan hormon pubertas yang berakibat atau berefek pada kulit. Jerawat batu adalah jenis jerawat yang paling parah dan menimpa pada sedikit orang. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit di Amerika sana memperkirakan bahwa sekitar 2 dari 1.000 orang yang terkena jerawat batu, dibandingkan dengan hampir 70 dari 1.000 orang untuk jerawat biasa. Jerawat batu menimbulkan benjolan merah yang membentang jauh di bawah kulit. Rasanya menyakitkan untuk disentuh, atau bahkan ketika tidak tersentuh.

Tanda dan Gejala Jerawat Batu

Cara Menghilangkan JERAWAT BATU Secara Alami dan Cepat
Mengobati Jerawat Batu

Sebelumnya muncul jerawat batu biasanya akan muncul tanda dan gejalany terlebih dulu. Jerawat batu bahkan lebih terlihat karena itu adalah jenis jerawat yang tingkatannya paling parah yang menimbulkan munculnya kista dan nodul di samping peradangan jerawat papula dan pustules. Jerawat ini juga dapat menyebabkan jaringan parut, bopeng, noda flek hitam pada bekas jerawat nantinya.

Semua jenis jerawat dapat mempengaruhi psikologis penderintanya yaitu bisa menimbulkan rasa rendah diri juga mempengaruhi suasana hati. Tetapi untuk penderita jerawat batu resiko tekanan psikologis lebih tinggi karena biasanya memiliki dampak yang lebih besar pada penampilan wajah seseorang, penampilan kulit dapat menyebabkan tekanan emosional.

Potensi Terkena Jerawat Batu


Diusia remaja atau masa pubertas lebih rentan atau potensi kemungkinan lebih besar terkena jerawat batu yang sekitar usia awal 20-an. Namun pada faktanya itu bisa menyerang seseorang diusia 8 tahun bahkan usia 50 tahun. Jerawat batu biasanya menyerang didaerah wajah, dada, punggung, lengan atas, atau bahu. Jerawat batu lebih sering menjangkiti laki-laki, tapi perempuan bisa terkena juga. Jika itu terjadi pada perempuan sering memiliki kista pada bagian bawah wajah.

Diagnosa Jerawat Batu


Supaya dokter ahli kulit bisa memberikan saran medis maka jerawat batu didiagnosis hanya lewat pemeriksaan, walau pada faktanya bisa saja ada kebutuhan untuk pemeriksaan lebih rinci untuk membedakan jerawat dari kondisi lain seperti jerawat rosacea. Dokter biasanya menelusuri riwayat penyakit Anda dengan mengajukan pertanyaan untuk mengkonfirmasi, contoh apakah Anda pernah mengkonsumsi obat-obatan seperti kortikosteroid. Dokter kulit juga biasanya menganalisa dampak psikososial seperti kondisi jerawat Anda bisa mempengaruhi pergaulan sosial dan suasana hati seseorang.

Bagaimana Cara Mengatasi Jerawat Batu dengan Cepat dan Alami?


Jerawat terjadi ketika pori-pori di kulit Anda tersumbat, biasanya bercampur dengan sel-sel kulit mati, minyak, kotoran dan bakteri yang terperangkap di sana yang menyebabkan peradangan sehingga menjadi merah dan bengkak. Anda bisa memakai obat yang mengandung benzoil peroksida, obat jenis ini untuk jenis jerawat apa saja dan juga dilevel keparahan apapun, serta sebagai pilihan pengobatan untuk penderita jerawat yang parah yang sedang menunggu perawatan dokter lebih lanjut. Benzoil peroksida banyak dijual diapotek dan dapat diaplikasikan pada kulit luar Anda. Obat ini bekerja dengan membunuh bakteri, terutama P. acnes, dan menjadi andalan dalam pengobatan jerawat selama lebih dari 50 tahun diluar negeri.

Penyebab Timbulnya Jerawat Batu


Tidak ada yang tahu juga meyakinkan akan penyebab pastinya, namun hormon yang disebut androgen diduga menjadi sebab utamanya. Ketika seorang menginjak usia remaja, hormon androgen meningkat. Hal inilah yang menjadi sebab perubahan pada kulit Anda yang dapat mengakibatkan pori-pori tersumbat dan akhirnya timbulah masalah jerawat. Namun pada wanita, perubahan hormon bisa disebabkan oleh menopause, kehamilan, siklus menstruasi atau suatu kondisi yang disebut sebagai sindrom ovarium polikistik. Faktor keturunan atau genetika juga berpengaruh, Anda memiliki berpotensi lebih besar untuk menderita jerawat batu jika salah satu orang tua Anda pernah menderita jerawat batu yang parah.

Sinar Matahari

Sinar matahari dapat merusak kulit Anda karena adanya sinar Ultra Violet didalamnya. Paparan matahari terhadap kulit Anda juga disamping memicu timbulnya jerawat juga sebagai pemicu tumbuhnya kanker kulit. Gunakan tabir surya atau sunblock ketika hendak bepergian sebagai anti UV, gunakan tipe non comedogenic jika jenis kulit Anda berminyak.

Faktor Keturunan atau Genetik

Ketika salah satu orang tua Anda pernah menderita atau terkena jerawat batu maka besar kemungkinan Anda juga menderita jerawat batu. Penyakit ini cenderung akan diwariskan dari ortu pada keturunannya. Kulit berminyak memang cenderung mudah terkena jerawat dibanding kulit kering karena faktor tersumbatnya kulit akibat minyak berlebih, karena itu jika Anda memiliki jenis kulit berminyak maka kurangi dan kalau bisa hindari makan makanan yang berlemak juga berminyak karena akan memperparah jerawat diwajah Anda.

Kerena Penggunaan Kosmetik Yang Salah

Kulit Anda bisa mengalami kerusakan juga rusak akibat pemakaian kosmetik yang salah karena didalamnya mengandung bahan-bahan kimia berbahaya, usahakan selalu membaca komposisi pada label kosmetik tersebut. Hindari pemakain kosmetik yang mengandung minyak apalagi kulit Anda adalah jenis kulit berminyak karena hanya memperparah penyumbatan pori-pori kulit wajah. Hindari juga pemakain kosmetik yang berlebih atau terlalu tebal karena bisa menutup pori-pori dan menghalangi kulit untuk "bernafas". Jangan lupa malam hari sebelum Anda tidur, bersihkan kosmetik yang masih menempel dengan sabun pembersih wajah agar kulit Anda terbebas dari segala macam kotoran, bakteri, minyak dan bahan kosmetik yang menumpuk dikulit.

Faktor Psikologis

Produksi kelenjar minyak pada wajah akan meningkat jika Anda stress dan memicu pertumbuhan bakteri penyebab jerawat batu. Karena disaat Anda tertekan secara mental, tubuh akan bereaksi dengan melepaskan hormon yang bernama kortisol yang menyebabkan kulit Anda memproduksi minyak berlebih dikulit. Lakukan dzikir atau mengingat Allah jika Anda sedang stress atau depresi menghadapi permasalah hidup karena hanya dengan mengingat Allah hati kita akan tenang. Jangan minum alkohol ketika Anda stress karena malah memperparah jerawat Anda, larilah kepada Tuhan-Mu yang dapat memberimu jalan penyelesaian terbaik.

Mengkonsumsi Pil KB

Jerawat batu akan timbul ketika Anda minum pil KB. Pil KB diminum wanita untuk mencegah kehamilan dan ini mempengaruhi kondisi didalam tubuh Anda yaitu perubahan hormonal yang bisa menyebabkan munculnya jerawat batu diwajah Anda karena dapat memicu produksi minyak berlebih. Selain minum pil KB pemicu jerawat batu juga disebabkan karena kehamilan juga menstruasi.

Faktor Life Style
Gaya hidup yang salah seperti makanan atau minuman yang banyak mengandung lemak dan karbohidrat yang masuk ke tubuh anda, dapat menjadi pemicu timbulnya jerawat batu. Karena itu rubahlah pola hidup Anda dari sekarang, hindari makan junk food juga makanan yang berminyak seperti goreng-gorengan karena tidak baik bagi kesehatan tubuh Anda.

Kulit Wajah Yang Kotor
Ketika Anda keluar rumah berarti kulit Anda akan terpapar dan terkontaminasi dengan berbagai partikel dari luar tubuh Anda seperti debu, keringat, bakteri, minyak kulit, sel kulit mati juga polusi asap dan lain sebagainya. Hal ini jika tak segera dibersihkan jika Anda sudah pulang kerumah maka menjadi pemicu munculnya jerawat. Maka segeralah bersihkan wajah Anda ketika pulang agar wajah Anda bersih dan tidak menjadi tempat berkembangbiaknya bakteri yang menyebabkan jerawat batu.

Cara Alami Mengobati Jerawat Batu


Lalu bagaimana cara mengatasi jerawat batu dengan bahan-bahan alami yang tersedia disekitar kita? Disini saya akan memberikan tips mengatasi jerawat batu dengan bahan-bahan tradisional yang tersedia disekitar kita, yaitu:

1. Dengan Buah Mahkota Dewa

Biji buah mahkota dewa jangan sampai dikonsumsi karena beracun bahkan pemakain obat luar seperti untuk obat kurang maupun kadas kulit bisa meradang walaupun bisa menyembuhkan penyakit kadas dan kurap yang membandel itu. Kandungan buah mahkota yaitu  lignan, minyak atsiri, saponin, tanin, flavonoid, fenol, sterol, dan alkaloid. Alkaloid dalam buah mahkota dewa adalah senyawa organik yang memiliki sifat zat anti racun yaitu untuk menetralisir racun dalam tubuh. Manfaat lainnya yaitu dapat mengurangi kandungan kolesterol, mengobati alergi, melancarkan peredaran darah, sebagai anti-inflamsi, juga bisa membuang racun dalam tubuh.

Cara menghilangkan jerawat batu dengan mahkota dewa:

  • Bersihkanlah terlebih dahulu wajah Anda dengan sabun pembersih wajah lalu keringkan dengan handuk.
  • Sediakan buah mahkota dewa yang warnanya merah dan masih segar.
  • Setelah dicuci buang bijinya karena sangat beracun, ambil daging buahnya saja.
  • Lalu hancurkan hingga lembut dengan bantuan blender.
  • Oleskan pasta yang halus tadi kearea wajah yang ada jerawat batunya.
  • Biarkan selama setengah jam lalu cuci wajah dengan air.
  • Ulangi terapi secara rutin hingga jerawat hilang.

2. Dengan Mengkudu

Buah mengkudu mengandung protein, vitamin, dan mineral penting lainnya juga Aerta yaitu senyawa aktif yang merangsang pineal untuk mengeluarkan serotonin dan endorphin, antioksidan yang cukup tinggi, trace elemens, phenylalanine, magnesium, xeronine, caprylic acid, arginine, terpenoid untuk pemulihan sel-sel tubuh, scolopetin untuk anti peradangan dan anti alergi, juga zat anti kanker sangat efektif untuk melawan sel-sel tidak normal. Buah mengkudu bermanfaat untuk mengobati sakit kuning, mengurangi ketombe rambut, mencegah kanker, mampu meningkatkan daya imun, mengobati batuk, melancarkan sistem peredaran darah, membunuh bakteri penyebab infeksi, juga mengandung zat nutrisi, zat anti bakteri, scolopetin, xeronine dan proxeronine.

Mengatasi jerawat batu dengan mengkudu:

  • Cuci wajah Anda hingga bersih lalu dengan handuk keringkanlah.
  • Sediakan satu buah mengkudu yang sudah matang lalu dicuci bersih.
  • Potong-potong menjadi beberapa bagian lalu haluskan dengan bantuan blender hingga menjadi pasta.
  • Lalu saring pasta tadi dan masukan kedalam mangkok.
  • Dengan bantuan kapas, oleskan pada bagian wajah Anda yang berjerawat secara merata (masker jerawat).
  • Biarkan sampai mengering atau setengah jam agar khasiat meresap.
  • Bilas wajah dengan air hangat lalu bilas lagi dengan air dingin lalu keringkan dengan handuk bersih.

3. Dengan Lidah Buaya

Lidah buaya mengandung riboflavin, niasin, kalsium, kalori, lemak, protein, zat besi, kadar air, karbohidrat, vitamin A, vitamin C dan thiamin. Lidah buaya biasa digunakan untuk terapi kecantikan juga bermanfaat untuk kesehatan. Lidah buaya merupakan tanaman obat dan bahan baku industri. Manfaat tanaman lidah buaya sebagai penyubur rambut, penyembuh luka, anti-oksidan, produk kecantikan, anti-inflamasi, dan untuk perawatan kulit.

Cara basmi jerawat batu dengan lidah buaya:

  • Sediakan lidah buaya yang masih segar, madu secukupnya, dan kunyit.
  • Campur ramuan gel lidah buaya, madu, kunyit, susu mentah juga air mawah. Aduk hingga merata dan tercampur sempurna.
  • Oleskan pada wajah yang terkena gangguan jerawat dan jadikan sebagai masker wajah alami yang ampuh.
  • Biarkan hingga bahan meresap kekulit selama 1/2 jam.
  • Bilas wajah hingga bersih, keringkan dengan handu.
  • Kulit wajah Anda akan terasa segar, lakukan pengobatan jerawat batu ini secara rutin agar hasilnya bisa dirasakan.

4. Dengan Madu dan Putih Telur

Mengobati Jerawat Batu Alami Cepat

Madu mempunyai khasiat yang banyak yaitu dapat menyembuhkan batuk dan sakit tenggorokan, penyembuh alami, meringankan gangguan pencernaan, kulit cantik, menurunkan berat badan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengontrol diabetes, mengurangi risiko penyakit jantung, melawan jerawat, rambut sehat, dan juga madu untuk kesehatan mata. Putih telur juga sering dipakai untuk bahan masker wajah alami yang dapat mengecilkan pori-pori atau menghaluskan kulit juga dapat menghilangkan jerawat yang membandel diwajah Anda. Gabungan kedua bahan yang bermanfaat yaitu madu dan putih telur merupakan kombinasi ampuh sebagai obat alami penghilang jerawat batu diwajah Anda.

Cara mengobati jerawat batu dengan madu dan putih telur:

  • Siapkan 1 butir telur namun yang terpenting jangan memakai telur ayam sayur/negeri/lehor.
  • Pisahkan dari kuning telurnya lalu kocok sampai mengeluarkan busa putih telurnya lalu aduk dengan  1 sdm madu murni.
  • Dengan bantuan kuas, oleskan campuran tadi kewajah Anda yang berjerawat batu yang membandel.
  • Diamkan hingga mengering dan keras serta kaku lalu bilas dengan air hangat.
  • Wajah segar, minyak berlebih berkurang dan kulitpun jadi sehat.

5. Dengan Baking Soda

Nama lain baking soda yaitu soda kue atau sodium bikarbonat dan disebut juga natrium hidrogen karbonat, dan lain-lain. Bentuknya adalah serbuk serta larut dalam air dan juga sering digunakan dalam pembuatan roti atau kue. Manfaat baking soda lainnya yaitu memutihkan gigi, memperindah rambut, mempercantik kuku, mengangkat sel kulit mati, membersihkan plak gigi, membunuh bakteri, memperbaiki dan mencegah efek kulit terbakar, menambah performa olahraga, deodoran alami, meredakan gatal, dan bisa juga untuk mengatasi gangguan pencernaan.

Tips melenyapkan jerawat batu dengan baking soda:

  • Anda bisa membuat masker jerawat dari baking soda untuk mengatasi kelebihan minyak dari kulit. Dan baiknya lagi masker wajah ini dapat untuk mengurangi jerawat juga dan sesuai untuk semua jenis kulit.
  • Sediakan empat sendok makan air dan delapan sdt baking soda.
  • Lalu campur dan aduk kedua bahan tadi hingga tercampur sempurna.
  • Cuci bersih wajah dengan sabun pembersih dan pakai handuk untuk mengeringkannya.
  • Oleskan campuran tadi pada kulit wajah yang mengalami jerawat batu.
  • Diamkan selam 1/2 jam lalu bilas kulit dengan air bersih.
  • Untuk menghindari dari dehidrasi karena penggunaan baking soda, Anda bisa memakai pelembab.
  • Lakukan terapi pengobatan jerawat ini 2X seminggu.

6. Dengan Kunyit, Jeruk Nipis atau Lemon dan Madu

Ketiga bahan diatas adalah bahan alami yang ampuh untuk menyehatkan tubuh dan juga kulit Anda dan sudah banyak yang membuktikan khasiatnya. Tak salahnya Anda mencoba dan membuktikan khasiatnya untuk menghilangkan jerawat batu dari wajah Anda, bukan? Ternyata kunir juga dapat melindungi fungsi otak, mengurangi nyeri sendi, mencegah diabetes, melawan kanker, meredakan sakit perut, serta mampu mencegah serangan jantung.

Bagaimana caranya mengatasi jerawat batu dengan kunyit?

  • Pertama-tama agar wajah Anda bebas dari kotoran, bersihkan dengan sabun pembersih wajah.
  • Kupas kunyit secukupnya lalu bersihkan dan haluskan dengan cara diblender.
  • Setelah jadi pasta, Anda bisa memasukan kedalamnya air perasan jeruk nipis dan juga madu agar tambah manjur.
  • Lalu aduk sampai rata dan oleskan kebagian wajah atau jerawat batu.
  • Diamkan selama 1/2 jam hingga meresap.
  • Bilas wajah Anda dengan air dingin.

7. Dengan Tomat

Buah tomat mengandung karbohidrat, serat, gula, dan juga protein. Dan juga kaya akan vitamin A dan C, beta-karoten, asam folat, antioksidan, lutein, likopen, kolin, dan asam alfa lipoic. Manfaat buah tomat lainnya adalah melindungi kulit dari sengatan matahari, berkhasiat untuk menghilangkan jerawat, meningkatkan kesehatan mata, menjaga kesehatan tulang, mencegah penyakit diabetes, melancarkan sistem pencernaan juga mampu dalam mencegah kanker.

Cara tradisional menghilangkan Jerawat batu dengan tomat:

  • Jangan lupa, sebelum melakukan pengobatan jerawat alami ini cuci bersih wajah Anda dahulu.
  • Sediakan 1 buah tomat yang sudah merah dan masih segar lalu cucilah.
  • Lalu haluskan dengan memakai alat blender hingga tomat benar-benar menjadi pasta.
  • Kemudian oleskan pasta halus tadi kebagian kulit yang berjerawat batu sampai benar-benar merata.
  • Diamkan hingga kering atau sekitar setengah jam.
  • Bilas wajah dengan air hangat lalu Anda bisa memaki pelembab.
  • Dan rasakanlah kulit wajah Anda bertambah sehat dan segar.

8. Dengan Sidaguri

Daun sidaguri setelah diteliti ternyata mengandung sejenis minyak atsiri juga asam amino serta tannin,  saponin, fenol, alkaloid, dan juga kalsium oksalat. Sidaguri oleh masyarakat dijadikan sebagai tanaman herbal atau obat untuk berbagai keperluan seperti mengobati sengatan lebah, sembuhkan asma, atasi cacingan, atasi sakit gigi, obat rhematik, dan juga untuk mengobati asam urat tinggi. Anda juga bisa mencoba khasiat tanaman ini untuk mengatasi masalah jerawat batu Anda agar bisa cepat sembuh namun tanpa efek samping.

Cara obati jerawat batu dengan sidaguri:

  • Sidaguri bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan jerawat batu secara alami dengan cara terapi uap.
  • Yang perlu Anda lakukan adalah bersihkan wajah Anda terlebih dahulu agar kotoran, bakteri, minyak serta sisa make-up tidak menutup pori-pori kulit.
  • Siapkan daun sidaguri secukupnya dan juga air secukupnya. Masukan daun sidaguri kedalam wadah yang berisi air lalu rebuh hingga mendidih.
  • Posisikan wajah Anda tepat diatas wadah tadi, Anda bisa memakai handuk yang menutupi kepala agar uapnya tertuju kewajah Anda.
  • Anda bisa sambil memijit-mijit wajah agar aliran darah lancar serta membuang kotoran yang menyumbat pori-pori.
  • Pengobatan tradisional ini bisa Anda lakukan 2 hari sekali untuk mendapatkan hasil yang nyata.

9. Dengan Kentang

Kentang mengandung karbohidrat, protein, lemak, juga ada kandungan serat tapi tidak mengandung kolesterol. Mineral lain terdapat dalam kentang yaitu fosfor, niasin, kolin dan zinc. Selain itu kentang juga mengandung kalsium, vitamin C, zat besi, vitamin B6, mangesium dan kalium. Ternyata kentang sangat baik buat kesehatan kita dan memiliki beberapa manfaat penyembuhan seperti mengatasi mata bengkak, menghilangkan luka akibat terbakar, mengurangi keriput, memutihkan wajah, mengatasi kulit kering, mencerahkan kulit dan juga menghilangkan mata panda.

Membersihkan jerawat batu dengan kentang:

  • Siapkan kentang secukupnya lalu kupas kulitnya dan dicuci sampai bersih.
  • Bersihkan alat blender terlebih dahulu agar tidak terkontaminasi dengan bahan lain.
  • Anda bisa membuat pasta dari kentang dengan cara memblendernya hingga halus menjadi pasta.
  • Ambil sebutir telur lalu pecahkan dan pisahkan antara putih telur dengan kuningnya, ambil putihnya saja dan masukan kedalam wadah.
  • Lalu masukan putih telur tadi kedalam pasta kentang lalu aduk hingga merata seperti bubur. Putih telur membantu agar pasta kentang merekat kuat dikulit dan juga putih telur mengandung bahan yang bagus untuk kesehatan kulit.
  • Oleskan campuran tadi kewajah Anda seperti pemakaian masker wajah biasa.
  • Diamkan hingga masker jerawat mengering diwajah Anda.
  • Dengan bantuan handuk hangat bersihkan wajah Anda lalu bilas dengan air dingin.

10. Dengan Bawang Putih

Bawang putih mengandung bahan-bahan yang berguna bagi kesehatan tubuh kita bahkan ekstrak bawang putih banyak yang dijual diapotik yang berguna untuk membersihkan jerawat, menghambat penuaan dini, menurunkan kolesterol, mengatasi keracunan, mengobati sakit gigi, menyuburkan rambut, mengatasi flu, mencegah kanker, anti radang dan juga sebagai anti bakteri.
Kandungan bawang putih antara lain vitamin C, kalsium, zat besi, magnesium, fosforus, niacin, asid panthitenik, Vitamin B6, folate, karbohidrat, gula, serat, lemak, protein, beta karotin, kalium, natrium, zink, vitamin B1 dan riboflavin. Kandungan zat lain ialah seperti mangan dan selenium.

Cara menghilangkan jerawat batu dengan bawang putih:

  • Bersihkan wajah Anda terlebih dahulu agar kotoran tidak menempel dikulit wajah Anda.
  • Sediakan bawang putih secukupnya lalu Anda bisa memblendernya agar menjadi pasta yang lembut.
  • Setelah menjadi lembut, jangan lupa tambahkan minyak zaitun secukupnya dan aduk hingga tercampur dengan baik dan merata.
  • Aplikasikan kewajah seperti Anda memakai masker wajah untuk mengatasi jerawat batu Anda, pastikan pasta tadi teroles merata keseluruh bagian wajah.
  • Biarkan hingga setengah jam dan bilas dengan air hangat.
  • Lakukan pengobatan jerawat secara tradisional ini secara telaten agar hasilnya bagus.

Cara Mencegah Munculnya Jerawat Batu


Pengobatan dan pencegahan jerawat batu harus segera Anda lakukan karena kalau dibiarkan tambah lama bisa tambah parah karena bakteri bisa menyebar keseluruh wajah bahkan leher, dada bahkan bahu. Pengobatan jerawat batu harus dilakukan oleh dokter spesialis kulit dan juga beberapa perawatan yang harus Anda lakukan sendiri. Biasanya dilakukan pengobatan untuk mencegah kista dan juga bekas jerawat. Karena kista yang timbul dapat menyebabkan kerusakan pada kulit yang menyebabkan jaringan parut, bopeng, kulit berlubang dan noda flek hitam.

1. Tidur Yang Teratur dan Cukup
Dengan melakukan istirahat yang cukup dan teratur, itu artinya memberikan kesempatan tubuh Anda untuk menyembuhkan dan memperbaiki dirinya sendiri dari segala macam kerusakan yang diakibatkan berbagai macam sebab. Tidur yang cukup membuat organ-organ tubuh Anda menjadi bertambah sehat dan berfungsi dengan baik yang artinya tubuh akan bertambah prima dan bisa menjauhkan dari segala macam penyakit namun jika Anda kurang tidur maka tubuh akan mudah terserang berbagai macam penyakit.

2. Rajin Makan Buah dan Sayur
Rajin makan sayur dan buah-buahan adalah cara yang tepat dan sehat agar badan Anda tetap bugar. Keduanya banyak sekali mengandung serat, mineral dan vitamin yang sangat penting atau vital bagi kesehatan tubuh kita. Buah dan sayur dapat menjauhkan kita dari kulit kusam, tak cerah serta bersisik atau cepat tua karena didalamnya mengandung unsur antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas yang dapat merusak kulit kita juga vitamin E yang sangat baik untuk kulit sehingga munculnya jerawat batu bisa kita cegah dan tanggulangi.

3. Rajin Membersihkan Wajah
Melakukan wudhu sebelum sholat sudah biasa kita lakukan, oleh karenanya jangan sampai lupa sholat karena itu hukumnya wajib. Ketika Anda berwudhu, usahakan air mengenai seluruh permukaan wajah dan membasuh kotoran serta minyak yang masih menempel dikulit. Dan untuk mencegah jerawat datang kembali wajib bagi Anda sebelum tidur mencuci wajah Anda bisa dengan bantuan sabun pembersih wajah untuk menghilangkan sisa kotoran, minyak, mengangkat sel kulit mati juga mencegah bakteri untuk menginfeksi kulit Anda. Gunakan sabun pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit Anda, untuk tipe kulit kering tentu beda sabunnya dengan kulit berminyak.

4. Pakailah Pelembab Kulit
Jika Anda memiliki jenis kulit kering dan pecah-pecah sebaiknya memakai pelembab untuk membantu menyehatkan kulit Anda. Gunakanlah pelembab yang tidak mengandung minyak, namun sekarang banyak produk kosmetik dipasaran yang berbahan dasar air sehingga bebas minyak dan tidak menyumbat pori-pori Anda yang menyebabkan munculnya jerawat.

5. Sesuaikan Make-Up Dengan Tipe Kulit Anda

Pakailah pelembab wajah yang aman sebelum make-up. Jika Anda membeli bedak, eyeshadow atau blush on atau pemerah pipi periksalah labelnya. Jangan beli produk kosmetik yang mengandung bahan merkuri atau bahan kimia lain yang berbahaya bagi kulit Anda apalagi kulit Anda adalah jenis kulit sensitif dan berminyak, itu dapat menambah parah kondisi jerawat di wajah Anda. Kulit kita secara alami terus menerus memproduksi minyak pada jenis kulit apapun dan minyak ini bisa menyumbat pori-pori kulit penyebab jerawat batu maka jangan beli kosmetika yang mengandung minyak karena akan memperparah munculnya jerawat.

6. Minum Air Putih 8 Gelas Sehari
Tubuh kita memerlukan air untuk proses metabolisme dan akhirnya disaring oleh ginjal dan racunnya dibuang berupa air seni. Hampir 70% tubuh kita terdiri dari air, minumlah air sebanyak 8 gelas perhari atau 2 liter sehari agar terhindar dari dehidrasi dan membuat badan kita selalu segar, fit dan sehat. Itulah cara mengobati jerawat secara alami, semoga bermanfaat bagi kita semua amiin.