Google+ Apa itu JERAWAT, Pengertian, Gejala Jerawat & Cara Mengobatinya | Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Cepat

ads

Apa itu JERAWAT, Pengertian, Gejala Jerawat & Cara Mengobatinya

By
Apa itu JERAWAT, Pengertian, Gejala Jerawat & Cara Mengobatinya. Apakah Jerawat Itu? Menurut para ahli, jerawat adalah jenis penyakit yang dipengaruhi kelenjar minyak kulit. Meskipun jerawat sebagian besar dialami pada usia remaja atau pubertas, sekitar 20% dari semua kasus terjadi pada orang dewasa. Pori-pori atau lubang-lubang kecil di kulit Anda terhubung ke kelenjar minyak di bawah kulit. Kelenjar ini membuat zat berminyak dengan istilah sebum. Pori-pori terhubung ke kelenjar oleh kanal yang disebut folikel. Di dalam folikel, minyak membawa sel-sel kulit mati pada permukaan kulit. Sebuah rambut tipis juga tumbuh melalui folikel dan keluar ke kulit wajah. Ketika folikel dari kelenjar kulit tersumbat maka tumbuhlah jerawat.

Apa itu jerawat? Jerawat biasanya dimulai selama masa pubertas antara usia 10 dan 13 dan cenderung lebih buruk pada orang dengan kulit berminyak. jerawat remaja biasanya berlangsung selama 5 hingga sepuluh tahun, biasanya akan menghilang pada awal usia 20 tahunan. Hal ini terjadi pada kedua jenis kelamin yaitu wanita dan pria meskipun anak-anak remaja cenderung memiliki kasus yang paling parah. Wanita memiliki kecenderungan berjerawat dibandingkan pria. Pada umumnya jerawat ditemukan pada bagian hidung, wajah, leher, punggung, dada, dahi, lengan atas, dagu dan bahu. Jerawat bukanlah ancaman kesehatan yang serius, tetapi bisa menimbulkan bekas jerawat, bopeng, kulit berlubang maupun noda atau flek hitam.

Apa itu Jerawat

Apa itu Jerawat dan Pengertiannya


Bagaimana proses terjadinya jerawat?

Gejala Jerawat


Gejala berjerawat sebenarnya sangat mudah dikenali oleh diri sendiri maupun orang lain karena letaknya biasanya diarea wajah.

1. Akan muncul diarea tersebut berupa bintik-bintik dikulit yang akan terasa sedikit sakit atau gatal jika tersentuh oleh tangan, biasanya akan muncul minyak berlebih didaerah kulit dan ini terjadi jika ada peradanan. Namun jika termasuk jerawat ringan dan tidak sampai meradang maka tidak timbul masalah gatal maupun nyeri.

2. Gejala lainnya yaitu munculnya komedo, komedo baik itu komedo terbuka maupun komedo jenis tertutup tertutup. Blackheads atau komedo hitam berupa bintik yang memiliki warna hitam di daerah hidung sedang komedo putih atau whiteheads adalah jenis komedo yang tertutup dan bertekstur cukup keras.

3. Benjolan besar yang teraba sampai di dalam kulit dan sakit jika disentuh serta keras, inilah yang disebut dengan nodul dan kista.

4. Timbulnya abses yaitu semacam bisul dikulit.

5. Adanya pustula yaitu bintil merah yang besar juga adanya nanah karena peradangan.

6. Munculnya papula yaitu semacam bintil merah kecil seperti biang keringat pada umumnya.

Apa Penyebab Timbulnya Jerawat?


Penyebab jerawat tidak sepenuhnya 100% diketahui walau tekanan mental atau stress bisa memperburuk jerawat, namun itu bukanlah sebab utamanya. Jerawat memiliki banyak subtipe. Jerawat neonatorum dan jerawat infantum biasanya dialami oleh anak laki-laki. Ruam berjerawat muncul pada wajah dan biasanya hilang sendiri dalam dalam beberapa minggu tanpa efek abadi. Namun, jerawat infantum dapat bertahan lebih lama, lebih parah, dan menyebabkan jaringan parut/bekas jerawat atau noda hitam di wajah. Ada berbagai macam penyebab timbulnya jerawat, yaitu:

Perubahan Hormon Selama Kehamilan
Mengkonsumsi Jenis Obat Tertentu. Pil kontrasepsi oral dapat memicu jerawat pada sebagian kaum Hawa. Beberapa kontrasepsi suntik dan perangkat kontrol kelahiran intrauterine (IUD) juga dapat menyebabkan jerawat. Steroid yang dipakai oleh beberapa atlet binaragawan juga dapat menyebabkan timbulnya jerawat yang parah.

Peningkatan Hormon Remaja
Diusia remaja banyak yang terkena jerawat yaitu dimulai dengan peningkatan produksi hormon. Selama pubertas, anak laki-laki dan perempuan memproduksi androgen yang tinggi, hormon seks pria yang mencakup testosteron. Testosteron merupakan sinyal tubuh untuk membuat lebih banyak sebum, minyak yang diproduksi di kelenjar minyak kulit.

Genetika
Jika orang tua Anda terkena jerawat pada usia muda maka Andapun mungkin akan terkena juga.

Makeup Yang Berminyak atau Berlebih
Bakteri. Kelebihan sebum dapat menyumbat area bukaan ke folikel rambut, seperti pada bagian wajah, leher, dada, dan punggung. Bakteri jelas dapat tumbuh pada folikel tersumbat. Inilah penyebab munculnya komedo atau whiteheads. Terkadang, penyumbatan ini menyebabkan dinding folikel tertekan dari penumpukan ini. Ketika hal tersebut terjadi, kebocoran sebum ke jaringan di dekatnya tak bisa dihindari dan menyebabkan pembentukan bintil atau papula, inilah yang disebut sebagai peradangan jerawat.

Jenis Jenis Jerawat Secara Umum


  1. Jerawat Komedo. Jerawat ini naik ke permukaan kulit dan terlihat hitam atau yang disebut sebagai blackheads.
  2. Jerawat Pustula. Jenis jerawat ini akan terlihat merah di bagian bawah dan memiliki nanah pada bagian atas.
  3. Jerawat Papula. Jerawat tipe ini berbentuk benjolan merah muda kecil yang lembut.
  4. Jerawat Kista. Terdapat dibagian dalam, juga rasanya menyakitkan, jerawat bernanah juga dapat menimbulkan bekas jerawat atau flek hitam di hidung atau wajah.
  5. Jerawat Whiteheads. Ini adalah jerawat yang tinggal di bawah permukaan kulit.
  6. Jerawat Nodul. Termasuk memiliki ukuran besar, terasa menyakitkan dan merupakan jerawat padat yang mendalam di kulit.

Beberapa Mitos Mengenai Jerawat


Pengertian Jerawat

  • Penyembuhan jerawat tidak perlu bantuan dan perawatan medis. Tentu ini keyakinan yang salah. Perawatan medis biasanya bekerja dengan baik jika digunakan dengan benar.
  • Tidak ada bukti bahwa berjemur dibawah matahari pagi akan membantu untuk membersihkan jerawat.
  • Jerawat tidak bisa disembuhkan dengan minum banyak air.
  • Tekann mental atau stres dan depresi tidak menyebabkan jerawat.
  • Cuci muka berlebihan dapat membuat jerawat bertambaph parah karena jerawat tidak disebabkan oleh kebersihan yang buruk.

Cara Merawat Kulit Yang Memiliki Jerawat


  • Cobalah untuk melakukan keramas setiap hari apalagi jika rambut Anda berminyak, jangan lupa keramasi rambut Anda secara teratur.
  • Pilih makeup non-comedogenic atau bebas minyak untuk jenis kulit berjerawat. Ini memastikan makeup tersebut tidak akan menyumbat pori-pori Anda.
  • Hindari terpapar sinar matahari disiang hari karena disamping bisa menjadi pemicu resiko kanker kulit juga bisa menimbulkan penuaan dini serta terbakarnya kulit karena penggunaan obat-obatan jerawat.
  • Cukur kumis Anda menggunakan pisau cukur atau silet yang tajam untuk menghindari infeksi dikulit namun sebaiknya jenggot dibiarkan karena merupakan sunnah Rasul apalagi Tuhannya orang Kristen yaitu Yesus juga berjenggot.
  • Jangan terlalu sering menyentuh kulit wajah dengan tangan Anda karena tangan mengandung banyak sekali kuman.
  • Bersihkan wajah dengan menggunakan pembersih muka pada pagi hari, siang dan malam hari menjelang tidur untuk mengangkat sel kulit mati, kotoran dan minyak dari kulit wajah Anda.

Apa Yang Membuat Jerawat Lebih Buruk?


  • Steroid anabolik bisa membuat jerawat lebih buruk, biasanya dipakai oleh para binaragawan.
  • Pil kontrasepsi progestogen dapat membuat jerawat lebih buruk.
  • Memencet jerawat karena dapat menyebabkan peradangan lebih lanjut dan jaringan parut/flek hitam jerawat.
  • Keringat berlebih dapat membuat jerawat lebih buruk karena hal tersebut dapat menyumbat pori-pori kulit.
  • Jauhi memakai pakaian dan celana ketat karena bintik dapat berkembang di bawah pakaian ketat seperti di bawah ikat kepala, tali bra yang ketat, kerah ketat, dan lain sebagainya.
  • Menstruasi pada wanita atau perubahan hormonal bisa memicu terjadinya jerawat.
  • Make-up yang berlebih atau terlalu tebal dan berminyak menjadikan jerawat lebih parah. Gunakan makeup non-comedogenic atau bebas minyak paling bermanfaat untuk jenis kulit berjerawat.
  • Konsumsi obat-obatan tertentu dapat memicu timbulnya jerawat lebih parah seperti phenytoin (obat epilepsi), steroid dan salep yang digunakan untuk eksim. Jangan menghentikan obat yang diresepkan dokter jika Anda menduga membuat jerawat Anda lebih buruk, silakn untuk berkonsultasi dengan dokter Anda. Sebuah alternatif pengobatan secara tradisional mungkin bisa menjadi pilihan bagi Anda.
  • Polusi dan kelembaban yang tinggi.
  • Terlalu keras menggosok kulit.

Cara Mengatasi Jerawat Dengan Cepat Secara Alami?



Jerawat sebenarnya bisa diobati. Pada prakteknya Anda mungkin memerlukan pengobatan selama beberapa bulan untuk menghilangkan jerawat dan bekas jerawat juga noda hitam di wajah. Jerawat meradang perlu diobati dini untuk mencegah jaringan parut atau bekas jerawat. Biasanya pengidap jerawat berusia antara 12 dan 25 tahun tetapi beberapa orang tua dan dewasa ada juga yang mengalaminya. Anak laki-laki lebih sering terkena dibandingkan anak perempuan. Area yang terkena jerawat biasanya ada disekitar wajah namun ada juga yang di punggung, leher dan dada. Tingkat keparahannya ada yang dari level ringan hingga berat.

Pengobatan awal adalah cara terbaik untuk mencegah bekas luka. Dokter Anda mungkin menyarankan obat resep. Beberapa obat jerawat diletakkan tepat di atas kulit yang berjerawat atau berupa pil yang ditelan. Anda harus berkonsultasi dengan dokter ahli kulit atau dermatologists untuk mendapatkan saran terbaik.

Biasanya cara menghilangkan jerawat diambil langkah-langkah sebagai berikut:
  • Penyembuhan jerawat terlebih dahulu
  • Menghentikan pembentukan atau munculnya jerawat yang baru.
  • Mencegah timbulnya jaringan parut atau luka akibat jerawat/bekas jerawat yang menimbulkan bopeng dan noda flek hitam.
  • Secara psikologis dibantu untuk mengurangi rasa malu akibat memiliki jerawat.

Namun jika Anda lebih tertarik untuk pengobatan secara tradisional, Anda bisa membaca artikel saya yang lain yaitu cara alami mengobati jerawat. Semoga artikel ini dapat membantu memecahkan masalah Anda dan terima kasih.